TPS Bandara Gagal, di Pengungsian Tetap Diadakan

 

Pengadaan TPS

Pengadaan TPS

Setelah diusulkan agar TPS di bandara disediakan, KPU Sumut memastikan tidak menempatkan TPS khusus di Bandara Kuala Namu Internasional (KNIA) saat berlangsung pemilu presiden (pilpres) 9 Juni 2014. Dengan demikian, para karyawan dan pekerja yang ada di bandara diminta untuk memberikan hak pilihnya pada TPS terdekat dari bandara saat berlangsungnya pemungutan suara.

“Kami sudah menginstruksikan agar KPU Deli Serdang mensosialisasikan TPS terdekat dari bandara,” kata komisioner KPU Sumut, Nazir Salim Manik, Jumat (5/7).

Menurut Nazur, rencana penempatan TPS di bandara batal disebabkan sulitnya memperoleh identitas para karyawan yang bekerja disana. Koordinasi antara KPU Deli Serdang dengan PT Angkasa Pura menurutnya tidak berhasil untuk mendapatkan data identitas seluruh pekerja di bandara.

“Dengan ditiadakannya TPS di bandara, KPU Deli Serdang harus  mensosialisasikan agar para karyawan yang ingin memberikan hak suaranya mengurus formulir A5 pindah memilih dari TPS asalnya. Dan mereka bisa memilih di TPS terdekat dengan bandara,” tandasnya.

Sementara Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, Jumat (4/7) memastikan akan tetap membangun TPS pada titik-titik penampungan pengungsi akibat erupsi Sinabung di Kabupaten Karo. Menurutnya pembuatan TPS tersebut tidak akan bermasalah sebab mereka sudah melakukannya pada saat pemilu legislatif 9 April 2014 lalu.

“Data titik pengungsian yang kita terima ada 28 lokasi pengungsian,” katanya.

Dalam pengadaan TPS di kawasan pengungsi atau dekat aksesnya dengan kamp pengungsi, menurut Benget KPU Kabupaten Karo tetap harus berkoordinasi dengan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB Daerah) untuk mengetahui data terakhir pengungsi. Sebab tidak tertutup kemungkinan ada perubahan mengingat Sinabung kembali erupsi minggu lalu.

Data kita pada Pileg lalu jumlahnya 11.637 orang, sekarang kita butuh data terbaru dari BNPB mengenai data keberadaan mereka,” katanya. (Jam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*