Tak Dapat Formulir C6, Pemilih Bisa Gunakan KTP atau KK

dpsFormulir C6 atau undangan untuk memilih sudah mulai didistribusikan oleh petugas PPS kepada pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Khusus. Menurut Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Jumat (4/7) KPU Kabupaten/Kota melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah harus mendistribusikan formulir C6 paling lambat 3 hari sebelum hari H pencoblosan.

“Kita juga menghimbau masyarakat yang belum mendapatkan formulir C6 (undangan untuk memilih) agar segera melapor ke PPS atau kantor kelurahan. Kita juga dari KPU Sumut tetap memantau dan memastikan proses distribusi logistik dan pembagian formulir C6 sudah benar-benar dilaksanakan,” tandasnya.

Karena, lanjutnya sebagian besar masyarakat ada yang beranggapan kalau tak dapat formulir C6 atau undangan memilih berarti tidak dapat menggunakan hak suaranya. Padahal, kalau masyarakat yang berhak memilih dan terdaftar di DPT atau tidak terdaftar tapi memiliki identitas dengan alamat dimana TPS ditempatkan tetap berhak memilih, dengan syarat mereka diberi kesempatan untuk menyalurkan hak suaranya pada pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB.

“Kesulitan lain yang dihadapi masyarakat saat akan menyalurkan hak suaranya adalah sulitnya masyarakat mencari TPS karena letak dan lokasinya kurang strategis. Akses terhadap penyandang cacat, lanjut usia dan kelompok disabilitas penting menjadi perhatian penyelenggara pemilu di lapangan,” jelasnya. (Jam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*