Lengkapi Tugas Kuliah, Mahasiswa Kunjungi KPU Sumut

Mahasiswa UnimedMEDAN—Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED), Senin (21/3) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Kehadiran mahasiswa tersebut dibagi atas dua kelompok terpisah, yaitu 10 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan 4 orang dari Fakultas Ilmu Keolahragaan. Kehadiran mahasiswa tersebut bertujuan untuk melengkapi materi tentang konsep kerja KPU dan kepemiluan sebagai tugas kuliah.

Maruli Pasaribu, Kepala Bagian Teknis dan Hupmas KPU Sumut didampingi Kasubbag Teknis dan Hupmas Harry Dharma Putra yang menyambut kunjungan ini mengatakan tugas KPU intinya adalah sebagai penyelenggara pemilu. “Ada KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, dan untuk lingkup yang lebih kecil, dibentuk panitia,” ujar Maruli. Sementara itu, untuk mengawasi kinerja KPU sebagai suatu komisi, dibentuklah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP).

Maruli melanjutkan, KPU sebagai penyelenggara tentunya punya banyak kendala, di antaranya partisipasi masyarakat. Menurutnya, masyarakat di daerah pedesaan lebih banyak berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dibandingkan masyarakat perkotaan. Padahal, masyarakat di perkotaan tentunya lebih banyak terpapar informasi tentang pemilu dan punya sumber daya manusia lebih mencukupi dibanding pedesaan. “Namun ini masih perlu dikaji lagi secara akademis,” katanya.

Oleh karena itu, Maruli mengatakan KPU sebagai penyelenggara pemilu membutuhkan bantuan semua pihak yang terkait demi suksesi pesta demokrasi ini. Terutama bagi mahasiswa sebagai warga intelektual, dibutuhkan peran salah satunya untuk menyebarkan kesadaran akan pemilu, minimal pada lingkungan terdekatnya. (asniawaty hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*