KPU Nias Gelar Evaluasi Pilkada 2015

KPU NiasGUNUNG SITOLI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias, Melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi Pilkada 2015 bersama para stackholders terkait, antara lain dihadiri oleh kepala dinas Dukcapil, Kesbangpol, perwakilan partai politik, perguruan tinggi, Tokoh Agama, tokoh perempuan, Pemantau, LSM dan para Jurnalis. Diskusi tersebut berlangsung di Aula Wisma Soliga, Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, Senin (07/3). Di hari kedua dilaksanakan FGD evaluasi secara khusus dilakukan internal untuk seluruh PPK se-kabupaten Nias.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kab. Nias, Abineri Gulo, berharap melalui acara FGD ini kiranya dapat melahirkan sebuah gagasan dan ide brilian sebagai catatan perbaikan kinerja penyelenggara di masa mendatang.

“Kita harap ada umpan balik. Kami merasa belum sempurna dan banyak yang tidak kami ketahui sudah sperti apa pandangan saudara semua atas kinerja kami. Hasil diskusi ini akan di tuangkan dalam penyusunan yang baik untuk menjadi catatan KPU Nias,’’ucap Abineri.

FGD Evaluasi selama  dua hari tersebut juga dihadiri Anggota KPU Sumut Divisi Teknis Benget Silitonga. Dalam arahannya Benget Silitonga mengajak seluruh peserta yang terlibat dalam forum evaluasi dapat memberi masukan dan kritik demi perbaikan kinerja penyelenggara.

“Masukan dan rekomendasi dari forum ini akan kita sampaikan di KPU Pusat. Karena mengingat saat ini tengah ada Revisi UU Pilkada di Senayan. Selain untuk kepentingan pembuat regulasi, evaluasi ini tentunya sangat penting bagi peserta untuk belajar dari pengalaman yang telah dilalui dalam melaksanakan Pilkada 2015 di Nias. Pengalaman kepemiluan adalah harta paling berharga bagi seorang penyelenggara. Baik sekali kalau kita wariskan dalam bentuk buku untuk memperbaiki penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu berikutnya, tanpa berpikir kita akan menjadi penyelenggara lagi atau tidak,’’ujar Benget menyemangati KPU Nias dan seluruh peserta sebelum memasuki diskusi pendalaman.

Salah seorang peserta FGD, Oneman Halawa menyatakan apresiasi atas pelaksanaan FGD yang digelar oleh KPU Nias, dan berharap bahwa forum ini menjadi sarana melihat secara jernih pelaksanaan Pilkada 2015 dalam perspektif refleksi dan koreksi.

Acara FGD Evaluasi Pilkada Nias 2015 berjalan hangat dan dinamis dipandu oleh fasilitator Turunan B. Gulo, mantan anggota KPU Sumut, dan Bishop Sarofati Gea, keduanya aktivis masyarakat sipil yang cukup dikenal di kalangan Ornop Kepulauan Nias.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*