KPU Medan Gelar Evaluasi dengan PPK dan PPS

Evaluasi Pilkada Medan-2MEDAN —KPU Kota Medan menyelenggarakan evaluasi sekaligus silaturahim dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Medan dalam Pilkada Kota Medan tahun 2015 di Asrama Haji, Rabu (23/3). Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Forum Pimpinan Kota Medan, dan seluruh PPK dan PPS se-Kota Medan. Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi tahapan-tahapan pilkada tahun 2015 lalu sekaligus pembubaran penyelenggara adhoc se-Kota Medan.

Dalam pembukaan evaluasi tersebut, Ketua KPU Medan Yenni Chairiyah mengatakan KPU Medan menekankan dari 264 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak, tingkat partisipasi masyarakat Kota Medan termasuk rendah dengan 25 persen. Padahal, menurutnya pihaknya telah meriset faktor-faktor utama rendahnya tingkat partisipasi politik pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Ia juga mengatakan KPU Medan sudah menggelar banyak variasi sosialisasi, di antaranya mengadakan lomba maskot pilkada dan sosialisasi hingga ke tingkat kelurahan. Namun tetap saja hasilnya jauh dari harapan.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea dalam sambutannya mengatakan KPU RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengapresiasi pilkada serentak di Sumut. Apresiasi itu diberikan karena pilkada tahun 2015 berjalan dengan baik, walaupun terdapat kendala di beberapa kabupaten/kota. Namun, Mulia berujar rendahnya tingkat partisipasi masyarakat di Sumut menjadi catatan penting yang harus diingat.

Mulia kemudian menekankan kepada seluruh masyarakat agar segera melapor ke dinas catatan sipil apabila ada penduduk yang meninggal. Ini penting dilakukan agar daftar pemilih dalam pemilu ke depannya lebih akurat, sebab hal ini sering menjadi masalah di KPU.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dalam sambutannya mengapresiasi PPK dan PPS se-Kota Medan karena telah bekerja keras menyukseskan Pilkada Kota Medan 2015. Dalam sambutannya juga, Akhyar secara resmi membubarkan PPK dan PPS sebagai penyelenggara adhoc.

Perlu diketahui, KPU RI pada saat ini sedang melakukan evaluasi seluruh tahapan penyelenggara pilkada. Ini dilakukan untuk perbaikan pilkada serentak pada tahun 2017 mendatang. Khusus di Sumut, ada Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Tebing Tinggi yang akan menggelar pilkada. KPU RI selalu menekankan penyelenggaraa pilkada serentak ini menjadi tanggung jawab bersama. (asniawaty hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*