Husni Kamil Manik : Pandangan KPU tentang Pilkada Langsung Menjadi Bagian dari Perppu

Ketua KPU RI Husni Kamil Manik

Ketua KPU RI Husni Kamil Manik

Setelah melakukan kunjungan dan rapat tertutup dengan lima Komisioner KPU Sumut (Mulia Banurea, Nazir Salim Manik, Evi Novida Ginting, Benget Silitonga dan Yulhasni), Ketua KPU RI Husni Kamil Manik, Senin (6/10) kepada sejumlah wartawan menyampaikan bahwa hasil pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa pandangan KPU terhadap pelaksanaan Pilkada langsung adalah menjadi bagian dari Peraturan Pemerintah Penggantu Undang-undang (Perppu).

“Pertemuan kita dengan Presiden membahas tentang Perppu dan kaitannya dengan pemilihan kepala daerah secara langsung baik gubernur maupun bupati/walikota,” paparnya.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Husni Kamil Manik kami membicarakan soal pandangan KPU terhadap pemilihan langsung tingkat daerah. Catatan KPU itu juga jadi bagian dari catatan pemerintah dan pemerintah punya sikap atas penyelenggaraan pilkada langsung yang dituangkan dalam Perppu Pilkada.

Walapun pandangan kita masuk dalam bagian catatan pemerintah yang dituangkan dalam Perppu, namun hal tersebut tidak membuat KPU turut dalam dinamika politik baik dalam pembahasannya di DPR RI maupun dalam proses keluarnya Perppu.

“Sikap KPU RI adalah menghormati kewenangan DPR RI dan Pemerintah. Dan pemerintah telah mengeluarkan Perppu, maka Perppu-lah yang akan kita pedomani,” tandasnya. Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*